Selasa, 01 Agustus 2023

Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara

 


          Senin, 31 Juli 2023 Guru Pendidikan Agama Islam mengikuti Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara di aula SMP Darul Faqih Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Kepala Sekolah SMP dan 20 Guru Pendidikan Agama Islam di wilayah Kecamatan Wagir dan sekitarnya. Dari SMPN 1 Wagir yang mengikuti kegiatan ini diantaranya Ibu Rosita Dewi,S.Ag, Bapak Akbar Wicaksono,M.Pd dan Bapak Irfan Hadi Susanto,M.Pd. Ust Alifudin selaku kepala sekolah menyampaikan dalam sambutannya Penguatan Moderasi beragama ini bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang.


     Prof. Yusuf Hanafi,M.Fil.I sebagai Narasumber pertama menyampaikan materi Strategi Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara. Adapun point-point singkat yang disampaikan Prof Yusuf Hanafi sebagai berikut : Tantangan dan Acaman terhadap harmoni kehidupan bernegara, Proses penyebaran paham ekstrem dan radikal, strategi kelompok radikal, Bentuk paham ekstrem dan radikal, Karakteristik ideology dan gerakan radikal, Paradigma Moderasi Beragama, Nilai-nilai pokok Moderasi Beragama dan yang terakhir Rangkuman masalah dan tawaran solusi.


  Materi Menalar Keberagaman sebagai materi kedua disampaikan oleh Dr. H. Faris Khoirul Anam,Lc,MHI. Beliau mengawali materi dengan sambutan sebagai tuan rumah yakni Pengasuh Pondok Pesantren Darul Faqih. Adapun point-point yang disampaikan Dr. Faris sebagai berikut : Karena apa Negara kuat, Iceberg analisis dan U-Process dan membangun gerakan dengan Rethinking, Redesigning dan Reframing.

      Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara ini diakhiri pukul 13.00 dengan dibacakan doa oleh Prof.Yusuf Hanafi,MHi. Dokumentasi foto bersama merupakan acara paling akhir setelahnya kami saling berjabat tangan dan kembali ke lembaga masing-masing. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan berkah serta dapat menerapkan komitmen Moderasi Beragama dan Bela Negara di masing-masing lembaga.


Malang, 1 Agustus  2023





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara

            Senin, 31 Juli 2023 Guru Pendidikan Agama Islam mengikuti Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara di aula SMP Darul Faqih In...